-->

Friday, April 30, 2021

Lampion, Musik, dan Wisata di Lanterne Festival de Paris

 Artikel ini telah terbit di balairungpress.com

Malam itu (31-08) Landasan Pacu Pantai Depok dipenuhi oleh ribuan orang dari berbagai daerah. Orang-orang tersebut datang untuk menikmati acara Lanterne Festival de Paris yang diselenggarakan oleh Inspiratif Production bersama Dinas Pariwisata Bantul. Acara berupa konser musik hingga pelepasan lampion ini bertujuan menghidupkan kembali wisata yang redup belakangan ini.

Untuk dapat menikmati rangkaian acara, pengunjung harus menukarkan tiket terlebih dahulu di pintu masuk. Saat menukarkan tiket, pengunjung juga mendapatkan lampion yang dibagikan oleh panitia. Selama acara berlangsung, kelakar dari Alit Jabangbayi dan Putri Manjo selaku pembawa acara memantik tawa pengunjung. Suasana semakin ramai dengan adanya penampilan dari Nufi Wardhana dan Letto Band. Meski penampilan pengisi acara memukau para pengunjung, namun banyak dari mereka yang sudah tidak sabar menanti untuk melepaskan lampion. 

Tidak lama setelah itu, pelepasan lampion dilaksanakan di sela penampilan Letto Band, tepatnya sebelum lagu terakhir. Sembari mendengarkan instruksi pembawa acara, pengunjung antusias untuk melepaskan lampionnya yang telah menyala.  

Satu per satu lampion yang mengudara itu menarik atensi pengunjung dan warga sekitar. Namun sayangnya, seusai pelepasan lampion, pengunjung justru bergegas pulang dan meninggalkan begitu saja sampah yang berserakan. 

Menanggapi hal ini, panitia acara mengatakan telah menyiapkan solusi untuk mengatasinya. Panitia akan melakukan bersih pantai bersama yang melibatkan panitia, relawan, dan warga pada hari berikutnya. Selain itu, panitia juga menyelenggarakan sayembara bagi warga yang mengembalikan kertas bekas lampion ke panitia dengan imbalan seribu rupiah per lampion. Sayembara ini dimaksudkan agar masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan.

Fotografer: Valentino Mayong A
Kurator: Rizky Ramadhika
Penulis: M. Rizqi Akbar
Penyunting: Andara Rose

Sesekali menjadi jurnalis, kadang menjadi penulis, selamanya menjadi pembaca. Main-main secara serius di balairungpress.com dan tempo.co

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar

Contact Us

Link :

https://linktr.ee/rizqiakbar

Address :

Sleman, Yogyakarta,
Indonesia

Email :

kirimkeakbar@protonmail.com