Jurnal Asal | Opini Mini + Ulasan Santai

Event


Rabu, 31 Januari 2018

ASUS X555QG – Laptop for Everyone with Everything We Need


Milea: “Dilan, komputermu di mana? Aku mau pinjem 

Dilan: “Jangan pinjem komputer, itu berat. Pinjem laptop aja”


Singkat cerita bisa disimpulkan kalau sekarang semakin banyak orang yang memilih laptop daripada komputer. Alasannya cukup jelas, karena laptop lebih praktis untuk penggunaan sehari-hari. Tapi, kini bukan hanya karena praktis saja. Laptop sekarang sudah semakin canggih. 

Nah… sekarang pertanyaannya, laptop seperti apa yang harus dipilih? Dengan catatan gahar performanya namun tetap praktis digunakan.

Laptop buat desain, buat game, buat kuliah juga. Ya buat semua kalau bisa

Dari sekian banyak laptop dengan berbagai brand serta fitur yang ada, kita harus jeli memilih. Ada banyak hal yang harus diketahui saat memilih laptop. Dan ada beberapa hal utama yang tidak boleh kita abaikan saat menentukan laptop pilihan.

Beberapa guide line untuk menentukan laptop yang sesuai untuk kebutuhan, contohnya:
  • Brand
  • Prosesor
  • RAM
  • Storage

Pilih brand yang tepat

http://www.amd-id.com/

ASUS adalah brand yang amat menjanjikan di industri teknologi masa kini. Terbukti dengan terus memimpin pasar dan menjadi brand laptop No.1 di Asia Tenggara. Dan juga meraih TOP Brand Award untuk kategori bisnis laptop di 2017. Jadi, sudah jelas terbukti bahwa ASUS adalah brand yang menjanjikan dan terbaik.

Kenapa harus ASUS?

https://www.facebook.com/pg/ASUSIdOfficial/

Sekadar informasi nih, sampai akhir Februari 2018, ASUS mengadakan promo berhadiah. Nah, promo tersebut berupa hadiah smartphone di setiap minggu untuk pembelian semua laptop buatannya yang berbasis Windows 10. Lumayankan, beli laptop keren dapat smartphone zenfone keren, ditambah gratis juga. Emang Asus the best lah. 

Dan salah satu varian laptop dengan Windows 10 yang sangat direkomendasikan adalah ASUS X555QG. Laptop yang satu ini termasuk kategori laptop multimedia. Laptop yang dapat menemani setiap kegiatan dari yang ringan sampai berat. Bahkan, teruji optimal untuk desain, editing, dan gaming. Pastinya karena telah memiliki spesifikasi utama yang tinggi, seperti:

Prosesor yang sangat mumpuni

Pada perangkat ini Asus kembali berkerja sama dengan AMD untuk menyusun beberapa komponen penting dan meningkatkan kualitas Asus X555QG bagi pengguna.

Laptop ini pun dibekali AMD APU A12-9720P yang mempunyai kecepatan standar 2,7 GHz sampai 3,6 GHz, yang mana merupakan kecepatan yang mumpuni untuk berbagai penggunaan seperti aktivitas biasa hingga gaming. Ditambah dengan ditenagai prosesor yang memiliki empat core (quad-core) untuk menyeimbangkan penggunaan yang beragam.

http://www.amd-id.com/2016/12/asus-x555qg-hadirkan-amd-7th-gen-apu-dengan-ram-ddr4-yang-cocok-untuk-segala-kalangan/

Asus pun tak lupa membekali kartu grafis diskrit yang sudah mendukung fitur AMD Dual Graphics yang mampu memberikan tampilan visual dan performa lebih baik saat bermain game. Bukan hanya untuk game, Asus X555QG juga sangat memanjakan mata bagi pecinta film. Terbukti laptop ini mampu menyuguhkan kualitas gambar jernih hingga resolusi 4K dengan lancar tanpa membutuhkan perangkat tambahan lain berkat prosessor yang terintegrasi dengan perangkat keras HEVC.

http://www.amd-id.com/2016/12/asus-x555qg-hadirkan-amd-7th-gen-apu-dengan-ram-ddr4-yang-cocok-untuk-segala-kalangan/

Pengguna pun akan semakin dimanjakan dengan layar beresolusi HD (1366x768) dengan bentang layar 15,6 inci. Yang mana akan membuat nyaman untuk digunakan berinteraksi dengan konten multimedia seperti menonton film maupun kegiatan grafis lain. Apalagi, diselipkan pula teknologi splendid yang dapat dipergunakan untuk memberikan tampilan layar yang lebih mengasyikan.

Sedangkan untuk urusan audio, Asus memilih SonicMaster yang mana memiliki kualitas suara yang mampu memanjakan telinga dalam setiap penggunaan. Meskipun, menggunakan speaker atau headphone, kenikmatan audio yang lebih luas dan rinci tetap dapat dirasakan.

RAM yang besar

Dengan RAM yang besar maka kecepatan perangkat mengakses data menjadi lebih cepat. Jadi, untuk menunjang aktivitas pengguna, komponen ini sangat penting. Dan laptop ini memiliki RAM 8GB DDR4, cukup besar tentunya, dan dapat di-upgrade lebih besar. Karena, laptop ini support untuk dual-channel RAM.

Apa manfaatnya punya RAM yang besar?

RAM besar dapat membantu aktivitas editing atau aktivitas multi-tasking, seperti mengetik sambil mendengarkan musik + browsing internet menjadi lancar jaya tanpa hambatan.

Khusus untuk penikmat game, kenikmatan akan bertambah dengan memiliki prosessor, kartu grafis, sekaligus RAM yang mumpuni. Terlebih game masa kini mematok spesifikasi yang cukup tinggi untuk menjajal keseruan yang ditawarkan. Misalnya game-game yang kasual seperti: GTA, PES 2018, DOTA 2, dll.

http://systemrequirementschecker.com/gta-5-system-requirements/
https://www.quora.com/What-configurations-does-a-gaming-pc-require-to-run-games-like-gta-5-far-cry
Bukan hanya game yang butuh spesifikasi tinggi. Software-software pun juga begitu Terlebih software berbau desain grafis dan semacamnya. Contohnya saja, AutoCad, Skecth Up, dan software-software editing lain.
 http://www.cadcamengineering.net/autocad-3d-training-manual/

http://frees0ftware.blogspot.com/2015/11/download-autocad-2016-x32-x64-with-crack.html
Kapasitas penyimpanan yang besar

ASUS X555QG memiliki kapasitas media penyimpanan yang sangat lowong yakni 1TB. Kapasitas sebesar itu dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk berbagai kebutuhan seperti menempatkan berbagai macam file antara lain dokumen, musik, video serta film.

Untuk keseluruhan spesifikasi bisa dilihat di bawah.
Main Spec.
ASUS X555QG
CPU
7th Gen AMD® APU A12-9720P (2M cache up to 3,6GHz) / AMD A10-9620P (2M cache up to 3,4GHz)
Operating System
Windows 10
Memory
8GB DDR4 2133MHz up to 16GB (Dual Channel Support)
Disk Drive
DVD-RW 8x
Storage
1.000 GB HDD 5400rpm
Display
15,6” Full HD (1366x768) 16:9 Anti Glare
Graphics
AMD Radeon™ Radeon R8 M435 DX / Radeon R7 + R5 430 Graphics
Input/Output
1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 3 x USB 3.0 port(s), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI
Camera
VGA Web Camera
Connectivity
Integrated 802.11ac, BT 4.0 support
Audio
Built-in Speakers And Microphone, SonicMaster Lite Technology, ICE Power support
Dimension
38.2 x 25.6 x 2.58 cm (WxDxH)
Weight
2.20Kg with battery
Battery
2 Cells 37 Whrs
Price
Rp 6 - 8 juta (kisaran)
Warranty
2 Tahun Global

Selain itu terdapat banyak teknologi pendukung yang sangat membantu. Mulai dari teknologi Instant On. Dengan teknologi berikut pengguna dapat menghidupkan kembali laptop dari mode sleep dalam waktu singkat hanya beberapa detik saja.


Lalu ada juga teknologi IceCool yang mampu menjaga suhu laptop agar tetap nyaman digunakan walau dalam jangka waktu yang lama. Sangat cocok sekali untuk mengimbangi penggunaan yang berlebihan seperti saat bermain game atau editing, dengan IceCool suhu laptop akan terjaga, tidak akan overheat dan membuat nyaman pengguna pastinya.

Tak lupa untuk konektivitas, laptop ini dilengkapi fitur-fitur terkini seperti 1 port HDMI, 1 port VGA Ports, 1 port LAN, 1 port card reader, serta 2 port USB 3.0. Yang mana  USB 3.0 dapat meningkatkan kecepatan transfer data sebesar 10x lipat dari USB 2,0. Jadi, pekerjaan akan semakin mudah dan efisien ketika memindahkan data dari atau ke driver lain.

http://channel.asus.com/
Jadi, sudah jelas kalau laptop yang gak sampai 10 juta ini mampu menopang segala kegiatan. Baik mahasiswa untuk nugas, desainer untuk kerja, atau gamer untuk menjalankan hobinya. Dengan desain oke serta spesifikasi yang mantap, semua orang dan semua kegiatan bisa menggunakan laptop Asus X555QG.

https://www.asus.com/Laptops/X555QG/

Laptop for everyone: Students, Designer, Entrepreneur, Executives, and Gamer.




Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD - Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 komentar

Asus memang juara ya, aku juga ada rencana pengen ganti asus tapi nggak tahu kapan, yang jelas cari yang sesuai dengan kantong aja..he

Balas

nabung dulu mas hehe, Asus banyak pilihannya juga kann

Balas

Mari berkomentar !
Terimakasih.