Jurnal Asal | Opini Mini + Ulasan Santai

Event


Minggu, 29 Oktober 2017

Serasinya Wisata Kabupaten Semarang

Lelah dengan rutinitas? Bosan hanya berlibur di mal saja? Kalau begitu menikmati pesona alam menjadi jawabannya. 

Tapi bingung mau ke mana? Ya sudah, ke Kabupaten Semarang saja. Banyak pilihan tempatnya dan mudah aksesnya. Yang sudah pernah pasti setuju. Yang belum simak saja dulu.

Danisetiawanku.com
Semarang ialah salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Kebetulan dekat dengan daerah saya, Boyolali. Kabupaten yang berpusat di Ungaran ini memiliki semboyan yang menarik yaitu, Semarang Serasi. Serasi sendiri merupakan akronim dari “Sehat, Rapi, Aman, dan Indah”.

Pesona wisata Kabupaten Semarang didominasi wisata alam. Selain itu juga banyak wisata sejarah, religi, dan keluarga. Dengan beragamnya pilihan wisata, sudah jelas kalau kabupaten Semarang ini wajib masuk tempat tujuan liburan. Baik sendiri atau bersama teman, pasangan, dan keluarga.
Apa yang berbeda dengan daerah lain?

Semua itu punya kesamaan dan perbedaan. Jawabannya pun beragam. Toh, dari sudut pandang serta pengalaman masing-masing bisa memunculkan jawaban yang beragam. Kalau orang kota, mungkin paling tertarik dengan pemandangan dan hawa dinginnya. Namun, kalau saya, yang juga termasuk cah ndeso, hawa dingin itu ya sudah biasa, hehe.

Terus apa woy?

Entah kenapa ingin menjawab dengan semboyan daerah itu sendiri. Iya, serasi. Dalam KBBI, serasi juga berarti harmonis, sesuai, sepadan, dan cocok. Apanya yang serasi?  Banyak hal yang saya rasa semua itu serasi. Mulai dari wisata itu sendiri. Wisata dengan lingkungan sekitar. Bahkan, satu wisata dengan wisata yang lain.

Mungkin bagi yang belum pernah, apalagi belum sempat ngintip kabupaten semarang pasti belum connect dengan apa yang saya maksud. Maka dari itu saya, mencoba sedikit menuliskan gambaran (hah?) menurut versi saya sendiri. Saya akan menulis beberapa wisata dimulai dari yang saya anggap cocok untuk dikunjungi terlebih dahulu.

Saya mengansumsikan, kita sampai Kabupaten Semarang -dari daerah masing-masing tentunya- pada sore hari. Setelah perjalanan yang cukup melelahkan. Apa sih yang lebih baik dilakukan? Pastinya, istirahat. Tapi, namanya orang sedang berlibur masak istirahat ala kadarnya. Kenapa tidak mencoba istirahat yang lebih berkesan?

Seperti istirahat menghabiskan sore di kolam air pegunungan. Memandang ke bawah kaki gunung. Melihat warga mengakhiri aktivitasnya dari ketinggian. Pemandangan yang akan membuat manusia merasa berpuas. Dengan kopi hangat dari Kabupaten Semarang yang ditemani singkong goreng yang masih hangat. Sungguh kombinasi yang harus dicoba. Kalau ingin merasakannya datang saja ke Umbul Sidomukti.

Sore hari dihabiskan di tepi kolam air pegunungan merupakan kegiatan yang paripurna. Dan kalau masih ingin puas bermanja. Maka, lanjutkan sampai malam hari. Sewa penginapan di sana. Di dalam maupun di sekitar Umbul Sidomukti tersedia banyak penginapan dengan harga sewa yang bervariasi.
Malam hari di pegunungan itu hal yang eksklusif. Bukan merasa sunyi, melainkan tenang. Malam dengan hawa pegunungan yang menyelimuti. Berkumpul bersama dan saling bercakap. Pasti membuat suasana menjadi nyaman. Dan mungkin akan timbul pertanyaan. “Apakah udaranya sangat dingin? Sehingga percakapan ini terasa hangat”. Bisa saja terjadi, hehe. 

Twitter.com
Kehangatan suasana di daerah yang dingin akan semakin dimanjakan dengan kelap-kelip pedesaan di bawahnya. Lampu rumah para warga menghiasi warna gelap di Umbul Sidomukti. Menghantarkan pada mimpi yang indah.

Meski, sudah terlena dengan sore dan malam di Umbul Sidomukti. Jangan lewatkan sunrise yang mempesona di pagi hari. Jika cuaca cerah akan lebih beruntung. Karena, sunrise akan nampak mengintip perlahan. Sedikit demi sedikit membasuh kehangatan dengan sinarnya. Membuat semangat berpetualang semakin benderang.

gulalives.co
Pagi hari di pegunungan. Pesan sarapan di Bandungan. Agar lidah tak merasa bosan. Kalau bingung cari ke mana, pesan saja menu yang ada di restoran Umbul Sidomukti. Restoran menyajikan menu-menu yang relevan untuk disantap bersama. Tak cuma sajian makanan. Ada menu pelengkap yang dihadirkan yaitu, aneka fasilitas semacam permainan yang disediakan. Tersedia flying fox, camping ground, outbound dll. Semua melengkapi keindahan yang ada. Sungguh serasi kombinasi alam dengan kreativitas pengelola.

Move on dari kolam pegunungan. Coba nikmati keindahan candi di atas pegunungan. Candi hindu yang terletak di Bandungan yaitu, Candi Gedong Songo. Candi ini tak jauh dari Umbul Sidomukti. Jadi, tak ada lagi alasan untuk tidak mengunjungi candi ini.

https://www.globalpenfriends.com/

Dengan 10 ribu/orang untuk tiket masuk. Pengunjung dapat menikmati suasana yang berbeda. Tak hanya menyuguhkan karya nenek moyang. Candi gedong songo juga menyuguhkan pesona alam yang menarik. Pesona yang bisa dinikmati saat menelusuri setiap candi yang ada.

FYI, seperti namanya, candi ini seharusnya ada sembilan (songo=Sembilan). Tapi, kini tinggal tersisa lima. Untuk melihat semuanya, pengunjung harus menelusuri jalan yang menanjak serta menurun. Karena, lokasi setiap candi berada di tempat yang berbeda. Rasanya seperti mengelilingi bukit.

https://andoyoanny.files.wordpress.com/
Hawa dingin khas pegunungan akan membuat perjalanan menjadi menyenangkan. Andai pun lelah, sesekali pengunjung bisa melihat pemandangan yang indah. Pemandangan yang mana menjadi pembeda dari candi kebanyakan. Saat berfoto candi akan terlihat lebih gagah dan indah dengan pemandangan yang diselimuti awan. Luar biasa. Serasi sekali paduan peninggalan sejarah dengan pesona pegunungan khas daerah.

Selain itu, di objek ini juga terdapat camping ground, rumah kayu, dan mata air (panas). Pengelola juga menyediakan kuda. Bagi pengunjung yang merasa tidak sanggup, namun ingin mencapai candi terakhir dapat menyewa kuda.

Lanjut ke tempat lain yang tak kalah keren. Tapi, sebaiknya makan dulu. Karena, kunjungan di Candi Gedong Songo pasti menguras banyak tenaga dan kalori. Berhubung di kabupaten Semarang. Maka, cobalah kuliner khas daerah. Mungkin bisa mampir saja ke Cimory Bawen untuk menikmati makanan sekalian membeli oleh-oleh. Atau ke Kampoeng Banaran untuk makan dan ngopi bareng. Bisa juga ke Eling Bening sembari menikmati pesona alam yang berbaur dengan tempat fancy. Terserah di mana, yang penting rehat sekejap sambil menikmati santapan bersama.

Selanjutnya ke Rawa Pening. Banyak hal yang bisa dilakukan. Seperti berfoto, menaiki perahu, berkeliling, bersantai, makan, dan membeli oleh-oleh. Bagi pecinta foto panorama, ini tempat yang tepat untuk memuaskan diri. Hunting foto menjadi hal yang wajib dilakukan. Ekosistem danau yang berusaha dijaga. Bersanding dengan alam yang patut dipuja. 

Pernah dengar sebuah legenda tentang bocah yang mencabut lidi lalu muncul sebuah danau? Nah, ini tempatnya.

panwis.com
Rawa Pening menyuguhkan pemandangan yang mempesona yaitu, dua gunung yang mengawasi kita. Mereka adalah Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo. Saat kita mendayung perahu, seolah mereka menyemangati. Saat kita berdiri di jembatan, seakan mereka mendekat ikut berfoto. Dua gunung yang gagah itu juga seperti cari perhatian pada Rawa Pening. Terbukti ketika cerah mereka sering bercermin di air Rawa Pening yang dihiasi eceng gondok. Sekali lagi kata ini ingin aku tulis. Iya, benar kata itu adalah ‘Serasi’.

Tripadvisor
Sudahi sampai Rawa Pening. Walaupun, masih banyak pesona lain di Kabupaten Semarang. Tiga objek saja cukup, hehe. Takut ketagihan dan lupa dengan rutinitas. Tapi, masih ada lagi pesona daerah ini yang setidaknya wajib diintip. Tengok juga agenda yang bakal digelar di Kabupaten Semarang. Pantau di sini!

Sekian.



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

8 komentar

Informatif mas, membuat saya terkenang Ungaran dan Bandungan. Eh, tapi di alenia 1-2 saya agak rancu, mas langsung menyebut Semarang, padahal kan ada kota Semarang juga ya..

Balas

wah iya mbak jadi rancu.

makasih mbak, saya ganti kabupaten semarang

Balas

Semarang emang emajing ya mas, semuanya ada, kotanya cakep, candi ada, pegunungan ada. Saya kalau semarang sukanya ngopi di umbul sidomukti. Adem.

Salam kenal

Balas

Bener ademnya itu yang bikin betah. Selain itu juga banyak pilihan tempat.

salam kenal.

Balas

Wuh, aku ke Semarang baru 2 kali...
padahal omahku Banyumas...
Itu pun karena dinas luar dari kantor... huhuhuu...

ternyata apik yo wisatane...
Semoga bisa kesana buat wisata...

salam kenal mas bro :)

Balas

Bener mas apik2 wisatane. Pas longgar coba cus kabupaten semarang mas hehe

Salam

Balas

Di lereng gunung Ungaran emang banyak banget tempat tempat top yah mas :D paling suka di Umbul sidomukti, all fungsi kendaraan perlu dikondisikan tapi :D

Balas

iya harus siap tempur mas kendaraannya, nanjak terus bikin mesin panas :D

Balas

Mari berkomentar !
Terimakasih.