Pemalas yang coba rajin menuangkan pandangan, perasaan, dan pengalaman.

Event

Friday, September 1, 2017

Tebing Breksi Sore Hari


Tebing Breksi adalah salah satu objek wisata yang baru di Jogja. Seperti namanya, objek ini memang berbentuk tebing, lebih tepatnya tebing batu kapur. Dulu tempat ini menjadi sumber mata pencarian warga sekitar. Warga sekitar melangsungkan aktivitas penambangan material di sekitar sini. 

Namun aktivitas itu dihentikan, setelah ada kajian yang menyatakan bahwa kapur di tebing breksi merupakan endapan abu vulkanik dari gunung api purba Nglanggeran, Gunung Kidul. Jadi kawasan ini merupakan cagar budaya dan harus dilestarikan. Nah, karena itu muncul ide untuk memanfaatkan bekas tambang tersebut menjadi objek wisata dan jadilah Tebing Breksi ini.

Lokasi : 

Tebing Breksi sendiri berada di kawasan Candi Ratu Boko dan Candi Ijo. Untuk menempuhnya bisa melewati jalur ke Candi Ijo, karena lokasinya berada di bawah dari Candi Ijo. Jalan yang dilalui bisa dibilang cukup menanjak. Tapi tenang, hampir semua kendaraan bisa menjangkau lokasi tersebut. Tebing Breksi ini memiliki tempat parkir yang sangat luas, bisa menampung banyak mobil maupun bus. Hanya dengan 2 ribu untuk parkir dan biaya sukarela kita dapat menikmati keindahan tebing bekas tambang ini. 

Pemandangan Tebing Breksi :


(Tebing Breksi : Di atas tebing)

(Tebing Breksi : Di bagian bawah)


(Tebing Breksi : Tebing Kecil )

(Tebing Breksi : Sore hari )

(Tebing Breksi : dari tempat parkir)

Saran :

Sebaiknya datang ke sini pada sore hari jam 3 an, dikarenakan sudah tidak terlalu panas. Atau mungkin malah pagi hari sebelum jam 10 an. Sekarang kawasan ini sudah cukup terekspos, jadi jangan kaget kalau ramai apalagi harus antre untuk naik atau sekedar berfoto di spot-spot tertentu.

Pakai alas kaki yang nyaman, yang cewek jangan pake heels ya (yakalik pake heels di bukit). Pakai baju yang ga menggangu, angin nya biasanya kenceng-kenceng. Yang cewek, boleh kok pakai baju yang seksi :) tapi denger-denger lebih menarik yang syar'i, hahaha.

Lebih asik kalau sambil dengerin lagunya fourtytwnty (zona nyaman, aku tenang, dll), Senar Senja (Savana, bersenja gurau, dll), Float (pulang), Payung Teduh, Banda Neira, atau apa aja sesuai selera.

Kalau mau cari sunset, tempat ini kayaknya cocok banget nich. Lumayan tinggi dan lapang, ada juga tempat-tempat khusus untuk melihat sunset. Pernah denger, kalau tebing breksi ini juga lebih indah kalau ada sorot lampunya, pada malam hari. Jadi diatur aja waktu ke sini nya. Diatur juga bareng sama siapanya.

Hehehe.

3 comments:

  1. saya udah dateng kesinimas, emang beneran keren apalagi pas sunset wih mantep banget. Kayaknya bagian bawah tebing mau dibuatin wahana baru yah, soalnya pas saya tinggalin lagi dalam pembangunan, apa sudah selesai yah?

    ReplyDelete
  2. belum ada yang baru kayaknya mas, di bawah cuma ada beberapa spot foto aja. mungkin kalau yang dimaksud bagian belakang, masih belum jadi mas.

    ReplyDelete
  3. Kalau ke Ratu Boko udah, ke Tebing Breksi malah nggak sempet. :|
    Ya, waktu yang enak buat ke sana emang sorean, sih. Ehehe. Setuju sama lagu Banda Neira dan Fourtwnty yang cocok menemani~

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar. Silahkan komentar sering-sering hehe
Jangan lupa ikuti blog ini.