Pemalas yang coba rajin menuangkan pandangan, perasaan, dan pengalaman.

Event

Monday, August 21, 2017

Karena Indonesia Merdeka



Dirgahayu Indonesia. 72 tahun Indonesia telah merdeka. Dampaknya sekarang sudah amat terasa. Ke rumah sakit, kita bisa bangga karena sudah banyak dokter-dokter Indonesia yang hebat dan rupawan. Berobat sudah tenang karena ada BPJS, yang entah sudah halal atau belum. Meski iuran bulanan seperti penjajahan, tapi tetapa Indonesia sudah merdeka.

Kini kampus-kampus pun dipenuhi anak bangsa yang menjadi dosen, doktor, dan professor. Selalu ada ribuan mahasiswa dari berbagai kalangan yang bisa melakukan formasi-formasi saat ospek. Banyak juga penerima beasiswa yang terselamatkan dari bajingannya biaya kuliah. Semua itu karena Indonesia merdeka.

Kalau kita ke kantor mana pun -swasta atau negeri punya- yang melayani kebanyakan anak bangsa. Yang mengurusi haji dan umrah itu orang Indonesia bukan Arab, contoh First Travel. Media pun diurusi orang Indonesia, meskipun bukan untuk kepentingan mendidik Indonesia. Lihat TV kita, banyak anak bangsa yang menguasai, seperti Uya kuya, Komo, dan si Boy. Mereka dapat eksis dan menginspirasi karena Indonesia merdeka.

Karena Indonesia merdekalah, kita mengenal begitu kerennya blog, instan-nya instastory, anehnya komentar di line today, dan juga beraneka ragamnya channel youtube. Mulai raditya dika sampai banyaknya re-uploader. Younglex pun bisa sehebat sekarang karena Indonesia merdeka. Kita bisa tahu prestasinya awkarin juga karena Indonesia merdeka.

Karena Indonesia merdeka, di Line semua orang menjadi merasa bijak. Di facebook semua orang menjadi merasa baik. Di Instagram semua orang menjadi merasa penting. Di twitter semua orang menjadi pinter.

Jangan berharap semua itu bisa kita nikmati jika Indonesia ini tidak merdeka. Atas rahmat tuhan yang maha esa negara “kaya” ini dijadikan merdeka. Dan karena Indonesia telah merdeka, negara ini bisa membuka peluang luas untuk mewujudkan cita-cita penerusnya. Cita-cita yang sangat tinggi dan bervariasi. Ada yang ingin jadi dokter, manajer, dan juga youtuber.

Generasi jauh sebelum kita belum tentu bisa membayangkan ini semua. Karena mereka hidup ketika Indonesia belum merdeka. Banyak dari mereka yang mutlak tidak mengenyam pendidikan.  Tidak butuh lembaga survey untuk mencari tahu jumlah orang yang bisa bersekolah tinggi. Sebab hanya priyayi atau orang berada saja yang bisa.

Kalau sekarang? Anak-anak Indonesia tidak hanya bisa lulus, namun bisa lanjut ke luar negeri dan tak perlu mengabdi lagi. Atau mungkin membantu negara dengan uang licin dengan harapan dapat mengabdi. Ya, karena Indonesia merdeka.

Tapi karena Indonesia merdeka generasi ini tidak perlu berjuang melawan asing lagi. Asing telah menjadi tidak asing lagi. Yang asing itu bangsanya sendiri.

Sekarang Indonesia tidak lagi dipimpin bangsa lain. Pejabat-pejabat bukan lagi dari belanda yang korup. Kita pun bisa sendiri. Uang korupsi tidak lagi masuk kantong belanda. Bangsa ini pun juga bisa korupsi dengan merdeka pula. Hebat. Menyamai belanda itu sebuah prestasi.

Karena Indonesia Merdeka, kita bisa beraspirasi dengan cara demonstrasi
Karena Indonesia Merdeka, kita meributkan berbagai kasus dari Jesica, Basuki sampai Buni Yani.
Karena Indonesia Merdeka, kita bisa menyesalkan berhentinya mbak Najwa.
Karena Indonesia Merdeka, kita bisa mengapresiasi kreativitas penyelenggara SEA Games dengan #ShameOnYouMalaysia 

Dan sepertinya masih banyak lagi hal yang ada karena Indonesia merdeka.

Karena Indonesia merdeka….

(bisa dilanjut sendiri hehehe)



Tulisan asal yang nakal ini terinspirasi dari tulisan Moh Mahfud MD.

4 comments:

  1. Karena meredeka makanya bisa membuat uang rakyat dikorupsi wakilnya sendiri, bukan ama kompeni. anjay lah itu. xD

    sungguh kemerdekaan yg menghadirkan banyak ragam manfaat untuk semua pihak.

    ReplyDelete
  2. Kenak banget kritikannya di tulisan ini.

    Mudahan kedepannya Indonesia dapat lebih maju, tidak ada lagi yang korupsi Dan orang lebih bijak dalam menggunakan sosial media nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebetulnya gak ngeritik ini, membanggakan kata merdeka aja hehehe :D

      aamiin

      Delete

Terimakasih sudah berkomentar. Silahkan komentar sering-sering hehe
Jangan lupa ikuti blog ini.