Tuesday, June 13, 2017

Tips Beli Gadget dengan Uang Sendiri Ala Anak Muda




Dewasa ini Gadget sudah didaulat menjadi barang yang wajib dimiliki semua kalangan. Hampir semua aktifitas membutuhkan gadget sebagai alat penunjangnya. Terutama generasi millenials, yang sejak awal sudah berkenalan dengan fungsi dari gadget. Hal itu membuat anak-anak muda merasa harus mendapatkan gadget yang diinginkan atau yang hanya sekedar sedang populer. Nah, muncul pertanyaan, bagaimana caranya punya gadget sendiri tanpa membebani orang tua?

Pertama, yang jelas kamu harus tahu kebutuhanmu. Contohnya kamu butuh gadget itu karena apa? Tugas kuliah atau karena lagi nge-trend saja? Dari situ, kamu bakal tahu gadget macam apa yang harus kamu beli. Misal kamu butuh notebook untuk mengerjakantugas. Kira-kira berapa ya harganya? Fyi, biasanya harga notebook sekitar 3-4 jutaan itu sudah sangat cukup untuk membuat kamu produktif mengerjakan tugas.

Kalau kamu sudah tahu berapa kisaran harga gadget yang dibutuhkan. Hal yang sebaiknya dilakukan adalah mempersiapkan uang sesuai perkiraan itu. Jadi, kamu gak harus mencari tahu gadget lain yang di atas harga tersebut. Karena, sudah jelas pasti banyak yang tersedia. Namun itu semua tidak sesuai kebutuhanmu dan itu hanya mengganggu pikiranmu.

Target uang sudah diketahui. Sekarang bagaimana cara untuk mengumpulkan uang tersebut? Jawaban yang paling mudah ialah menabung. Dan jelas setiap orang tahu akan hal itu. Tapi, ada kah cara untuk mempercepat itu? Ada. Berikut cara menyiapkan uang dengan usaha sendiri:
  • ·         Menekan pengeluaran
Buatlah list kebutuhan dalam sebulan biar gak beli yang aneh-aneh. Dan belajarlah nge-rem pengeluaranmu. Jika biasanya kamu menganggarkan sebulan Rp 500 ribu untuk makan enak, belanja baju, atau hura-hura. Maka kini kamu harus coba menguranginya. Misal, membatasi nonton di bioskop dan gak perlu juga sering nongkrong. Karena, pas nongkrong bisa saja kita ada rasa gengsi kalau gak pesen, dan jadinya kamu tiba-tiba kalap di depan temen-temenmu. Biasakan makan yang murah saja dan beli sesuatu yang memang dibutuhkan.

Jangan juga membawa semua uangmu kalau lagi pergi. Simpan sebagian, takutnya satu lembar keluar dari dompet, 2-3 lembar lainnya mengikuti. Kalau pingin banget jajan, usahakan jangan hanya cemilan ringan. Jajan sekalian yang berat, siapa tahu kenyangnya tahan lama, hehe.

Selain itu coba juga bawa air putih sendiri. Biar kamu gak tergoda mampir mini market. Soalnya ada berbagai macam barang yang bakal menggoda kamu, meskipun niatmu hanya beli minum bisa saja beli barang lain.

Karena dengan menekan pengeluaran, kamu bisa mengalokasikan sisa uangmu itu untuk beli gadget sendiri. Anggap saja kamu bisa menahan uang Rp 200 ribu. Dalam 6 bulan kamu bisa punya uang Rp 1,2 juta. Cepat juga kan?


  • ·         Memisahkan Rp 100 ribu dari uang bulanan

Ketika orang tua mengirimi jatah bulanan, kamu jangan merasa kaya dulu. Jangan lah tiba-tiba bergairah untuk bebas makan enak, walaupun di akhir bulan. Coba potong Rp 100 ribu di awal dan langsung simpan, bisa di rekening terpisah atau tempat lain. Kalau dari awal kamu akan benar-benar menabung. Bukan menabung yang hanya karena ada uang sisa. Hal ini membuat kamu bisa berhemat dari awal dan cepat mencapai tujuanmu untuk beli gadget sendiri.
1 bulan : 100 ribu
6 bulan : 600 ribu
1 tahun : 1.2 Juta
Akan cepat sekali terkumpul walaupun memang agak memberatkan. Tapi, itu tidak masalah untuk sebuah tujuan yang mulia hehe. Dan sebenarnya gak harus nominal 100 ribu juga sih, terserah saja tergantung kemampuan dan kemauanmu saja. Yang penting dilakukan rutin.

Dalam rangka memuluskan usahamu mengumpulkan uang kamu harus cari sumber uang selain orang tua. Kamu bisa cari tambahan dengan cara-cara yang mudah kayak gini.
  • ·        Coba kerja sampingan

Contohnya kamu bisa ikut EO, karena biasanya banyak yang mencari volunteer, tenang nanti pasti dapat bayaran kok. Kamu juga bisa ikut project-project untuk menjadi freelance writer. Karena, makin ke sini banyak situs dan orang yang mencari jasa untuk menulis artikel. Dan enaknya jadi freelance writer kamu bisa memilih project itu sendiri, kapan waktunya, dan bisa juga negosiasi tentang bayarannya. Bisa juga ikut lomba-lomba. Cari tahu info tentang lomba, lalu pilih yang sesuai dengan apa yang kamu bisa.

Setelah kamu mendapatkan tambahan uang, jangan lalu kegirangan dan menghabiskan begitu saja. Simpanlah di rekening tabungan khususmu, kalau bisa jangan aktifkan ATM nya agar kamu tidak bisa menariknya. Dengan begitu tabunganmu juga gak bakal terganggu.
  • ·         Jual barang bekasmu

Jika kamu terbiasa menjadi pembeli, maka kini waktunya kamu menjadi penjual. Kamu bisa mengumpulkan barangmu yang tidak terpakai, tapi masih layak dipakai. Barang yang bisa kamu jual beragam, bisa pakaian, alat musik, aksesoris, atau alat elektronik. Dari aktifitas itu kamu bisa menambah dana sekaligus bersih-bersih rumah. Bermanfaat kan?

Lalu setelah uang terkumpul sesuai target. Cari tahu gadget-gadget yang ada. Bisa langsung ke toko atau browsing dulu di internet. Dari berbagai pilihan yang ada, carilah yang paling unggul dan gak terlalu mahal. Lihat keunggulan dari spesifikasinya.

Sistem Operasi
DOS
Ukuran Layar 
11.6" 16:10 HD (1366x768)
Adaptor Daya
Output :
19 V DC, A, 33 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
Processor
Intel® Celeron® Dual-Core N3050 Processor, 2.16 GHz
VGA
Integrated Intel® HD Graphics (Pentium & Celeron)
Harddisk
7mm SATA3
- 500GB HDD
RAM
DDR3L 1600 MHz SDRAM, OnBoard Memory , OnBoard Memory 2 GB
Card Reader
card reader (Micro SD )
Networking
Terintegrasi 802.11 ac
Built-in Bluetooth™ V4.0
Web Camera
HD Web Camera
Berat
1.21 kg
Audio
Built-in Speakers And Digital Array Microphone
Baterai
3Cells 48 Whrs Polymer Battery
I/O Port
1 x Headphone-out jack (Audio-in Combo)
1 x USB 3.0 port(s)
1 x USB 2.0 port(s)
1 x USB-C Gen 1 (up to 5 Gbps)
1 x micro HDMI
Ini merupakan spesifikasi dari notebook ASUS EeeBook E202.

Kalau kamu gak terlalu paham tentang spesifikasi di atas, cari review nya saja. Biasanya gadget keren pasti banyak yang nge-review. Apalagi brand terkenal seperti ASUS. Yang terbukti produk-produknya telah memenangkan 4,256 penghargaan internasional dan berbagai pujian di tahun 2013, sepadan dengan lebih dari 11 penghargaan per hari. (https://www.asus.com/id/Award/)

Berikur contoh review sederhana notebook ASUS EeeBook E202. 

Untuk seri yang satu ini ASUS menerapkan konsep minimalis. Diwujudkan dengan ukuran mungil yang stylish. Dengan dimensi 29.7 x 19.4 x 2.14 cm dan berat yang hanya 1.25 Kg. Pasti membuat notebook ini mudah untuk dibawa dan juga disimpan. Meski kecil, notebook ini memiliki layar 11.6 inci yang siap memanjakan penggunanya saat sekedar menonton film atau mengerjakan tugas.



ASUS EeeBook E202 ini sangat cocok digunakan anak muda. Apalagi notebook yang hadir dalam versi Windows 10 ini tersedia dalam pilihan warna Black, Silk White, Dark Blue, Thunder Blue dan Red Rouge. Yang mana akan menambah kesan elegan untuk anak muda.


Penampilan sudah oke punya. Ditambah notebook seharga Rp 3.249.000 ini juga baik performanya. Itu dibuktikan karena, notebook yang berukuran sebesar kertas A4 ini menggunakan prosesor Intel hemat daya, yang mana masa aktif baterai dapat mencapai 8 jam dan dapat diisi ulang dengan cepat melalui port USB 3.1 Type-C. Wow, keren dan unik. Ketahanan notebook ASUS EeeBook E202 ini sangat mumpuni. Menjadikan kita tidak akan khawatir ketika menggunakannya.


Bukan hanya faktor penampilan saja. Notebook ini sesuai untuk kawula muda, karena selain mengutamakan penampilan dan ketahanan, faktor kenyamanan tetap diperhatikan.  Terbukti dengan touchpad yang responsif untuk memudahkan kegiatan scrolling. Keyboard dari ASUS EeeBook E202 juga sangat nyaman digunakan, karena menggunakan desain one-piecce chiclet.  Wi-fi yang disematkan pasti akan membuat pengguna nyaman berselancar di internet. Tak lupa ASUS menyulap notebook ini dengan Fan less design, agar tidak rewel saat digunakan terlalu lama. Jadi kamu gak perlu malu jika mengerjakan tugas di ruang publik, notebookmu gak bakal ngeluarin suara bising.


Semua sudah disiapkan secara rapi. Tinggal beli gadgetnya. Eits, jangan keburu-buru. Masih ada cara agar kamu tidak mengeluarkan semua uangmu. Gimana caranya? Usahakan membeli gadget di akhir tahun. Karena, kebanyakan toko-toko sedang cuci gudang. Dan pasti harganya akan turun banyak.

Tapi, kalau kamu merasa itu terlalu lama. Mungkin kamu dapat membeli gadget di pameran elektronik. Harganya juga lebih murah dari biasanya. Terlebih ada banyak penjual dalam satu tempat. Jadi kamu juga bisa membandingkan harga yang sesuai.

Nah, itu tadi tips untuk kamu yang ingin membeli gadget dengan uangmu sendiri. Kesimpulannya, ada baiknya kamu menguji seberapa keproduktifanmu sebelum mendapatkan yang kamu ingin. Daripada kamu menjadikan ketidakpunyaanmu sebagai alasan tidak produktif. Dan dengan cara-cara di atas, pasti akan membuatmu lebih produktif setelah mempunyai sebuah gadget impian. Gadget seperti ASUS EeeBook E202 yang cocok untuk menopang kegiatanmu dan mendukung produktifitas kerjamu.

 Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com.

Share:

11 comments:

  1. iya bener. kalo mau beli sesuatu dgn uang sendiri yg saat ini belom banyak uangnya, ya mesti nekan pengeluaran dengan nabung, cari kerjaan sampingan, dan tak lupa menyesuaikan dgn kebutuhan. karena kalo dapat spek yg tinggi tapi gakepe, padahal udah mahal, kan sayang, yak.

    moga sukses lombanyaaaaa... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya percuma juga gadget harga motor tapi cuma tau cara nenteng doang haha

      Makasih doanya bang

      Delete
  2. Menabung sampai saat ini aku selalu usahakan. Baik dengan sengaja ataupun tidak. Artinya kalau dengan sengaja bisa seperti tipsnya mas Rizqi diatas, yakni dengan menyisihkan misal satu bulan 100k atau lebih.

    Kalau tak sengaja aku biasanya simpan uang kembalian ke warung atau bekas beli apa untuk ditabung. Terutama uang receh.

    Kebetulan aku sendiri punya beberapa kenalan yang suka cari uang receh. Terkadang belum satu tahun sudah terkumpul 500k lebih.

    Biasanya aku gini, pisahkan uang receh yang ada. Misalnya uang receh 100 rupiah khusus di botol satu, 200 botol yang kedua, 500 botol yang ketiga. Gitu terus. Dan satu lagi, uang 2000-an biasanya kalau aku punya, gak aku anggap uang pribadi. Artinya sudah jadi kewajiban untuk dimasukan ke dalam celengan.

    Tujuanku untuk dipisah-pisahkan ke dalam botol gitu, agar mudah ketika dibuthkan, dan mudah juga untuk ditukarkan :)

    ReplyDelete
  3. Kalo nominal besar biar tujuannya cepat tercapai.

    Nah kalo untuk keseharian kebiasaan mas andi cocok banget diterapin, uang receh kadang males dipakejuga hehe

    Mending ditabung sapa tau jadi tambah trus. Apalagi ada yg nyari.
    Itu temennya, uang receh mau diapain mas?

    Thankyou mas dah menambahkan saran yg berguna banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan temanku itu kerja di warung, seperti indomaret gitu, jadi memang butuh buat kembalian.

      Selain itu ada beberapa kenalan juga warung, tentu mereka buat kembalian..he

      Sama-sama mas Rizqi :)
      Saling follow aja ya, biar bisa mengikuti updetan tulisan terbarunya :)

      Udah aku follow mas ..

      Delete
    2. Wah mantap mas,
      Sudah saya ikuti kegiatan ramadhannya mas :D

      Delete
  4. Dari dulu pakai ASUS. Emang keren nih spesifikasinya..

    ReplyDelete
  5. Terima kasih sudah ikutan #E202BlogCompetition. Good luck yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga mbakk,
      Sukses tuk lombanya #E202BlogCompetition

      Delete
  6. wahhhh iya tuhh, terkadang kalo beli dengan uang sendiri kebanggan nya lebih besar deh daripada yang minta minta girtu

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkomentar. Silahkan komentar sering-sering hehe
Jangan lupa ikuti blog ini.