Pemalas yang coba rajin menuangkan pandangan, perasaan, dan pengalaman.

Event

Tuesday, June 6, 2017

Biaya Hidup di Surabaya

Surabaya, Kota Pahlawan, sekaligus Ibu Kota Jawa Timur. Sudah menjadi hal umum kalau Surabaya disebut sebagai destinasi penuntut ilmu dan pencari nafkah. Kota asal Bonek ini memiliki berbagai tempat kerja dan perguruan tinggi. ITS, UNAIR, UNESA, UBAYA, UK Petra merupakan beberapa contoh perguruan yang ada di Surabaya.


Banyak penduduk luar Surabaya yang datang merantau ke Kota yang terkenal dengan arek-areknya. Banyak anak-anak muda dari penjuru Indonesia yang datang untuk menimba ilmu. Jika kamu ada rencana untuk hidup di Surabaya, alangkah baikanya kamu mengetahui hal umum dari Surabaya agar tidak bingung saat menginjakan kaki di Kotanya Bu Risma yang sangat panas ini. Terutama biaya hidup di Surabaya.

Akses Transportasi
Sebelum ke biaya hidup, ketahui dulu akses transportasi yang ada di Surabaya. Sebagai kota yang besar Surabaya memili berbagai jenis akomodasi pilihan. Stasiun Gubeng, Wonokromo, Pasar Turi, merupakan stasiun kereta besar yang perlu kamu ketahui. Terminal Bungurasih.Pelabuhan Tanjung Perak. Bandara Juanda yang secara lokasi berada di Sidoarjo.

Kenali angkot yang ada.
Contoh Angkot

Di Surabaya angkot disebut juga ‘Len’. Trayeknya biasanya tertulis di kaca depan dan ditandai dengan kode huruf di pojoknya. Di Surabaya juga masih banyak taksi, bus, atau becak untuk pilihan. Kamu yang bingungan tenang aja, ada transportasi online kok. Mulai Go-jek, Grab, dan Uber. Semuanya komplit dan tersedia di setiap tempat.

Kalau bisa sih punya kendaraan sendiri. Karena setahun tanpa kendaraan sih kerasa banget repotnya, ga bisa leluasa gitu. Meskipun ada transportasi online, tetep aja butuh. Kendaraan ga harus bermotor juga sih, mungkin bisa sepeda ontel, becak, atau kuda.

Biaya Hidup di Surabaya?
Yang menjadi fokus utama pasti biaya hidupnya. Mau dibilang murah bisa, mahal juga bisa banget. Relatif aja sih, pinter-pinter nyesuain aja.

Mulai dari kost, Surabaya masih agak wajar. 300-500 ribu itu tergolong murah dan banyak di mana-mana. Sudah jelas, ada harga ada fasilitas. Untuk yang cari AC biasanya 800 ribuan ke atas. Kalau 400 ribuan itu udah cukup banget. Contoh punyaku daerah UNAIR, 350 itu udah komplit listrik+air, kasur, lemari, meja, kamar mandi luar (dan penari latar, ehh ngaco). Kebanyakan sih sekarang harga 500 ribu ke atas kalau mau gampang nyarinya. kalau yang lebih murah sudah agak jarang, kalau ada pun aksesnya kurang leluasa.
Rp 500 ribu an

Kalau kamu belum sempet ke Surabaya, tapi ga mau kehabisan kamar, booking aja via online. Cek MamiKost,atau search di google aja pasti muncul dan siap sedia kok.
Yang perlu ada di kost itu nanti : Pendingin ruangan. Entah mau AC, kipas, atau kulkas terserah. Soalnya Surabaya panasnya luar biasa. Ga perlu ragu jemuran ga kering, karena kayaknya jarang banget. Surabaya panas di siang hari, gerah di malam hari.

Kalau makannya?
Pilih warung makan yang menyediakan masakan rumahan. Kalau mau ngirit ya ga usah nyeleneh deh hehe. Sekali makan paling 8-10 ribu + Es teh 2-3 ribu. Gorengan seribuan. Lumayan murah lah. Lebih ngirit sih, kalau masak nasi sendiri lauknya nanti beli. Oiya, kalau di Surabaya ‘lauk’ itu disebut ‘ikan’ jadi ga usah bingung pas ditanya hehe.

Estimasi :
Kost (anggap aja) 450 ribu. Makan 10x3= 30 ribu/hari. Paling kalau udah jadi anak kos sejati, makan 2 kali itu sudah cukup hahaha. Bensin (yg bawa motor) 5 ribu/hari anggap aja cuma dipakai berangkat-pulang dari kampus. Terus keperluan lain (sabun, cuci, rokok, dll) 150 ribu.


450 (kos) + 650 (makan) + 150 (Transportasi) + 100 (pulsa) + 50 (hiburan) + 200 (lain-lain) = 1.600

Nah, itu tadi sekilas biaya hidup di Surabaya. Tapi itu bukan biaya pasti ya, soalnya bisa berubah. Terlebih itu perhitungannya memukul pengeluaran juga, hehe. Kira-kira segitu sudah bisa, kok. Lanjut ke hal lain.

Tempat Strategis
Hafalin tempat-tempat strategis, sekiranya buat menandai biar ga nyasar. Ada Balai Pemuda, Kantor Gubernur, Taman Bungkul, Dr. Soetomo, Merr, Suramadu dan tempat-tempat tertentu. Cari tahu terlebih dahulu biar ga bingung nantinya.




Budaya
Jangan kaget kalau orang Surabaya ngomongnya agak keras dan cepat. Emang begitu gak ada maksud marah, kok. Bahasa jawa di sini beda dengan Solo/Jogja yang cenderung lebih halus, tapi overall maknanya hampir sama, kok.

Coba biasakan mengucap kata rek, yaopo = gimana, sampeyan/awakmu/kon=kamu, dan juga Jancuk agar cepat akrab hahaha.

Budaya lalu lintas di Surabaya, agak mengejutkan. Sebagian ga terlalu peduli sama lampu merah kalau sekiranya bisa diterobos, pasti langsung gas. Macet? Namanya kota besar pasti macet. Jam-jam kerja dan persimpangan pasti macet. Apalagi banyak perlintasan rel kereta, macetnya jadi tambah deh.

Refreshing
Biasanya kalau sudah tahu biaya hidup di Surabaya, jadi lebih mudah mengira-ngira. Misal tambahan biaya buat senang-senang sesekali. Kalau mau jujur, kayaknya Surabaya masih minim tempat refreshing yang fresh bener. Paling juga pantai kenjeran, taman-taman gitu, atau tempat hits deket pelabuhan North Quay.

North Quay

Di Surabaya kebanyakan sih mainnya ke mal. Di sini mal berceceran di mana-mana. Selain mal juga banyak café yang kekinian banget. Tinggal search pasti muncul deh. Pub/club juga lumaya kalau mau khilaf semaleman. Misal kalau ada saudara mau datang, di Surabaya tersedia banyak hotel. Mulai dari bintang 5 sampai bintang kejora juga ada. Harganya bervariasi.

Kalau memang mau cari tempat refreshing, mending ke malang aja. Ga terlalu jauh bisa diakses dengan kereta juga atau mau motoran juga ga terlalu lama. Di sana dijamin lebih banyak tempat buat refreshing dan yang jelas lebih adem hehe.

Itu tadi sedikit informasi tentang apa yang ada sampai biaya hidup di Surabaya. Semoga bermanfaat. Misal ada tambahan, langsung aja taruh di kolom komentar. Thanks


Sumber gambar :
http://www.zesthotel.com/
http://www.hipwee.com/
http://nettik.net/
http://www.artikel-indonesia.com/
https://mamikos.com/kost/kost-surabaya-murah
http://s17.postimg.org/

37 comments:

  1. Ini reverensi banget buatu, pengen ada rencana maen ke surabaya. Setidaknya ada gambaran nih :)

    Foto yang terakhir aku suka, terlihat bagus gitu pemandangannya.. Cocok dinikmati saat sore :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pas banget. Buruan mas direncanakan hehe, hotel di surabaya banyak dan variatif jadi pasti gak bingung nanti.

      Iya itu tempat paling bagus menurutku, kadang juga ada kapal pesiar yang berhenti di situ. Makin keren pastinya :D
      Asik buat nyedepin mata hehe

      Delete
    2. Oh, yah. Wah asik tuh kalau pas ada kapal pesiar, bisa sekalian lihat plus foto dengan background kapalnya..hehe

      Delete
    3. Biasanya yang jadi daya tarik juga kapal pesiarnya, gede dan banyak lampu gitu lah haha

      Delete
    4. Wah, apalagi gitu lebih asik tentunya. Kalau malam lebih terlihat bagus ya, Mas. Mana dong fotonya, jadi penasaran ah.. haha

      Delete
    5. Udah aku tambahin fotonya mas hehe :D

      Delete
    6. nambahin reperensi kalau mau tinggal di Surabaya nih ya....jangan lupa cari alamat rumahnya Maia Estianti...saya pengen titip salam cinta buat dia....okeh

      Delete
    7. aduh, kalo ketemu sudah pindah kos deket situ :D

      Delete
  2. kos 350-an udah enak gitu ya... hhehehe
    aku kebetulan nontrak sih, jadi pas nempatin, ya masih kosongan gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak yang bilang begitu hehe, kebetulan aja dapet itu. Tapi aksesnya agak ribet sihh.

      Mungkin bisa dishare juga mbak, biar yg cari kontrakan gak bingung juga hehee

      Delete
  3. Jadi inget jaman kuliah..
    kost'an ane masih 250'an kalau gak salah.. Di Mojo III Dalam.
    Makannya di Mama Titik.
    Hiks... Hahahah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih satu kecamatan tapi belum pernah menjelajah ke mojo hihihi

      Delete
  4. MAKAN 10 RIBU MASIH DAPET KOSAN SEJUTA YA ALLAH AKU INGIN PINDAH KE SURABAYAAAA. :')

    ReplyDelete
  5. wuaaan juancukkk ko murahhhh sih disana :( gue dulu di jogja 800rb perbulanitu kostnya engga bagus lo, mungkin waktu itu baru kruang beruntung kali yaaaaa,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah paling yang murah sudah full.
      Tapi Jogja enak, makannya lebih murah sama banyak tempat refreshing sebagai gantinya hehe :D

      Delete
  6. wahhh do jogja gak ada angkot, tapi ngeri juga sih kalo ada angkot wkwkwk, seremmm... tapi bagus jugaaa apalagi kota pelajar, banyak anak sekolahan , mahasiswa yang gak punya motor wkwkw, bisa tuh jadi usaha di jogja gih mah narik angkotttt..... tarik masss tarikk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transjogja lebih teratur mas hahaha

      Yok mas ngetek dulu :D

      Delete
    2. ahhh trans jogjaa ga bebas pun, itu terjadwal rutenya.. dan kalo mau ke tempat lain harus naik lagi bis yang rutenya arah kesana, sakit :(

      Delete
    3. kalo harian jadi ribet yaa hehe, tapi pas jadi wisatawan kebantu banget sama transjogja. pas belum ada transportasi online

      Delete
  7. Woalah, 800 udah bisa pake AC. Murah itu jancuk! XD Kalo di Jakarta mah minimal 1 jutaan yang pakai AC. :| Hmm, tapi kalau harga makanan dan es teh manisnya nggak jauh beda, kok. Ya, kecuali di restoran atau kafe mahal gitu. Yang es teh manisnya aja bisa 10k. -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jakarta sungguh luarbiasa :| pgn ke jakarta, biar tau bisa seirit apa di sana hahaha

      Delete
  8. hahaha kalo sama penari latar, bisa lebih dari harga yang ada AC dongs :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa buat nyewa kamar lain juga malah hehehe

      Delete
  9. Wahaaaa, jadi di Surabaya itu nggak murah dan nggak mahal-mahal amat kan ya :D bisalah ya liburan di Surabaya nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya begitu. Tapi kalo mau cari yg mahal lebih gampang sekarang hehee :D

      Delete
  10. Surabaya sekarang lebih terjangkau deh, sebelas dua belas sama Malang. Kalau makanan sih, mungkin di Malang jauh lebih banyak pilihan menu yang murah. Tapi harga kost sama deh. Kost aku sekarang udah masuk kisaran 500rb-an gitu, padahal di Surabaya 350 masih bisa nemu dengan fasilitas sama :(

    ReplyDelete
  11. Sepertinya emang kalo kos malang lebij banyak mahal nya hehe, banyak wisata nya sih jadi mahal hehe :D

    ReplyDelete
  12. awal taun kemaren aku jalan2 ke surabayaa jugaa.. dan ga tahu tempat keren di north quay itu. soale pas aku googling itu ga muncul di atas-atas laman sumpah. sedih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sedihh hihii

      Iya soalnya agak jauh juga dari pusat kotanya mungkin.
      Orang surabayabsendiri juga masih banyak yg belum pernah bahkan gak tau.

      Kebetulan ngecek tripadvisor jadi nemu hehe

      Delete
  13. Jancuk apaan? Kok hrus sering diucapkan di Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata dengan berbagai makna sesuai kondisi hehe

      Sebetulnya ga harus diucapkan sihh, Seenggaknya tahu aja biar ga kaget hehe

      Bisa makian, candaan atau hanya tambahan.

      Delete
  14. Jancuk tenan ik. Artikelnya mantap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waa jancuk, terharu aku. Suwun2 hehe

      Delete
  15. wah enak ya gan di surabaya 500 sudah dapet tempat tidur almari dan luas,

    WWW YUKGAS ID

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih enak gan, tapi ga semua juga hehehe, kayaknya udah pada naik

      Delete

Terimakasih sudah berkomentar. Silahkan komentar sering-sering hehe
Jangan lupa ikuti blog ini.