Pemalas yang coba rajin menuangkan pandangan, perasaan, dan pengalaman.

Event

Saturday, November 26, 2016

Perbedaan Kuliah dengan SMA

Akhir-akhir ini saya terlalu khawatir dan nervous sama kehidupan kuliah, ya. Membosankan berbeda dan ga senyaman sebelumnya. Walaupun semuanya lebih ke negatif, ada beberapa pengalaman atau pandanganku tentang sisi lain perkuliahan. Setelah lulus SMA dan masuk perguruan tinggi, saya menikmati berbagai privilege dan keuntungan spesial, yang hanya dialami anak kuliahan, seperti:
1. Berangkat ga harus pagi 
Malah kalau beruntung, kamu bisa memulai hari dengan kelas siang, sekitar jam 12.00-an. Biasanya bisa lebih santai dan ga terburu-buru ataupun takut kekunci di gerbang.Tapi cukup sial saya selama ini mendapat banyak kelas pada jam 7.00. Artinya, kamu punya lebih banyak waktu untik siap-siap, sarapan cantik, dan peluk guling. Yeay!
2. Baju bebas
Jelas banget rasanya lebih santai dan ga bosan. Biasanya sih aturannya baju bebas asal berkerah dan bersepatu.
3. Jam kuliah nggak sepadat sekolah
Di sekolah, mungkin kita harus belajar non-stop, dari jam 7 pagi sampai jam 3-4 sore, dengan banyak mata pelajaran. Beda dengan di kampus. Dalam sehari, hanya ada 2 hingga 4 mata kuliah, dan waktunya relatif lebih singkat. Apalagi dosen biasanya malas ngehabisin waktu (hehe).
4. Bisa dapat libur tak terduga
Biasanya dosen terlalu malas untuk datang atau punya acara lain jadi kelas dikosongkan. Di semester yang SKS-nya nggak terlalu padat, kamu mungkin saja bisa mendapatkan libur saat weekdays.
5. Liburannya lebih panjang 
Biasanya, sekitar 1 bulanan di akhir dan awal tahun, kemudian 3 bulan di pertengahan tahun. Liburan tersebut bisa diisi dengan magang, ikutan semester pendek, hingga keliling dunia atau keliling Dunia Fantasi aja dulu, lah, kalau budget mepet. Kamu juga bisa mempelajari sesuatu yang spesifik dan sesuai dengan minat dan passion kamu. Sedangkan zaman sekolah 'kan, pelajarannya masih umum banget.
6. Bebas menentukan hal yang dipelajari
Semasa sekolah, pelajaran dan segala jadwalmu sudah ditentukan. Sementara saat kuliah, biasanya kamu boleh menentukan jumlah SKS dan mata kuliah yang ingin kamu ambil, mengatur sendiri jam kuliahmu, serta bebas memilih Mata Kuliah PilihanPokoknya, kamu bakal lebih punya kuasa terhadap perjalanan studi kamu. Tetapi seperti kutipan hebat di film Spiderman, “With great power comes great responsibility.” Jangan sampai kuliah kamu amburadul, gara-gara kamu terlalu santai saat mengaturnya. Hasilnya, kamu akan merasakan semangat masuk kelas dan belajar, karena kamu benar-benar menyukai bidangnya.
Itulah kenapa, penting banget kamu mengambil jurusan kuliah yang sesuai minat. Jangan pilih jurusan karena ikut-ikutan atau dengan alasan "yang penting masuk kuliah".
refrensi :
youthmanual.com 

2 comments:

  1. hahaha begituhkan perbedaan nya gan, maklum tidak pernah nyicip kuliah
    makasih infonya kunjungan perdana

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah gan, sisi positifnya yang kayaknya enak hahaaa

      Delete

Terimakasih sudah berkomentar. Silahkan komentar sering-sering hehe
Jangan lupa ikuti blog ini.